Servis 234 Melayani Jasa Maintenance / Servis Komputer, Laptop, Printer, LCD Online dan Panggilan Teknisi dengan GARANSI 100% Uang Kembali.

Servis 234 Melayani Jasa Maintenance / Servis Komputer, Laptop, Printer, LCD Online dan Panggilan Teknisi dengan GARANSI 100% Uang Kembali.

Servis 234 Melayani Jasa Maintenance / Servis Komputer, Laptop, Printer, LCD Online dan Panggilan Teknisi dengan GARANSI 100% Uang Kembali.

Teknisi Servis 234
Teknisi Servis 234

Kamis, 04 Februari 2016

Service / perbaikan LCD LG Flatron W1953s / W1953SE berbagai macam kerusakan

service lcd monitor lg flatron l1953sSERVIS234 - Berikut ini pengalaman be-tronik.com mengerjakan perbaikan LCD monitor LG type Flatron W1953s dan W1953SE :

LCD menyala dan tampil sebentar / beberapa saat, lalu gambar gelap.

Suatu hari ada seorang delivery / kurir mengirimkan satu LCD monitor merek dan type tersebut di atas untuk diservice, dia tidak tahu apa rusaknya LCD tsb. Katanya hanya disuruh mengantar saja. Setelah kami terima, lalu diperiksa kerusakannya, maka ditemukan gejala kerusakan LCD nyala sebentar lalu nge-blank. Dalam hati kami pasti menebak rusak inverternya.  Maka kami buka casingnya, pada segel / seal warranty LCD baru berumur satu tahun lebih dua bulan. Sebenarnya kami agak ragu apa benar LCD monitor yang belum lama dipakai ini inverternya sudah rusak. Setelah casing terbuka kami berpikir pakai jalan pintas saja, yaitu langsung di cek lampu backlight saja, dengan cara menggunakann layar LCD monitor lain yang sama ukurannya yaitu 19 inch. Lalu LCD dinyalakan, dan ternyata LCD hidup terus dan tidak mati lagi.  "Berarti rusak Backligt / Backlamps  dong... Tapi kok bisa ya LCD belum lama sudah rusak backlampnya...."
Belum lama kami berpikir tiba-tiba telepon berdering. Rupanya pemakai / user LCD tersebut yang menelpon, dia bilang " Pak, LCD-nya yang sedang diperbaiki itu rusak karena jatuh dari meja karena tersenggol sewaktu beres-beres. Tapi posisi jatuhnya masih di atas meja, jadi dari posisi LCD  berdiri ke posisi telentang "
"Oalah ! begitu to, pantas CCFL nya rusak"
Lalu kami ganti dengan CCFL / backlight yang baru, untuk ukuran LCD monitor type LG Flatron W1953S tersebut diatas yaitu 417mm. Memang perlu waktu yang cukup lama untuk mengganti CCFL, karena harus membongkar lapisan LCD panel lembar demi lembar.  Pengerjaanya juga harus ekstra hati-hati, dan tidak boleh ada debu yang menempel. Oleh karena itu biasanya hanya teknisi tertentu saja yang bisa melakukannya. Jika ingin mudah langsung saja diganti satu layar lcd panel screen sekaligus yaitu LCD panel type LM185WH1, tapi tentu saja  uang yang dikeluarkan  jadi lebih mahal. Betul ?

LCD mati total, lampu power tidak menyala sama sekali

Satu lagi kami menerima pesanan perbaikan dengan type yang sama. Gejalanya seperti mati total, yaitu lampu power tidak menyala sama sekali.  Bahkan untuk memastikan LCD benar-benar mati total kami harus menekan tombol power berulang-ulang. Bukan menekan sih, tapi tepatnya meraba-raba karena tombol power dan menu kan touch screen.
Tapi bagi teknisi kami tidak menyebutnya mati total karena setelah pengecekan power supply ternyata ada output tegangan 5 volt dan 12 volt.
Firasat kami mengatakan  ini rusak mainboardnya. Tanpa berlama-lama kami ganti mainboard ( karena kebetulan ada compare-nya ). Dan ...jreng..!!
LCD monitor menyala !!!

LCD berbayang / buram / pudar

Gejala kerusakan : Power dinyalakan muncul gambar logo LG tapi gambar logo lama-lama menjadi pudar keputih-putihan jadi makin lama gambarnya samar-samar saja. Begitu juga setelah tampil gambar dari CPU, gambarnya jadi makin lenyap.
Spare part yang rusak : Layar LCD-nya. Setelah kami ganti layar panel LCD, gambar menjadi bagus.
sumber: http://www.be-tronik.com/index.php/lcd-monitor/127-perbaikan-service-lg-flatron-w1953s-berbagai-kerusakan

Share

& Comment

0 komentar:

Posting Komentar

 

Copyright © 2015 Servis 234™ is a registered trademark.

Designed by uzanc. Hosted on Blogger Platform.